Resep Cara Membuat Nasi Gandul Daerah Pati, Jawa Tengah

Resep Cara Membuat Nasi Gandul Praktis – Nasi Gandul adalah salah satu makanan khas indonesia khususnya daerah Pati (Jawa Tengah). Nasi gandul ini, terkenal dengan kelezatan kuahnya dan empuknya daging sapi yang menggoyang lidah. Keberadaan nasi gandul di tanah air memang sudah sangat lama, sehingga menjadikan nasi gandul ini sebagai salah satu menu wisata kuliner tradisional yang wajib kita kenalkan ke seluruh pelosok tanah air.

Resep Cara Membuat Nasi Gandul Daerah Pati, Jawa Tengah

Asal mula dinamakan nasi gandul karena nasi gandul sering dijajakan oleh penjualnya dengan berjalan keliling. Tempat yang digunakan mirip dengan penjual dawet, hanya saja, kuali yang digunakan satu sisi diisi dengan nasi, dan sisi lainnya diisi dengan kuah nasi gandul. Karena setiap kali dibawa selalu goyang-goyang, atau istilah bahasa jawanya “gandul-gandul” maka setiap orang yang membelinya menyebutnya dengan nasi gandul.

Penyajian nasi gandul ini juga sangat khas, dimana dibutuhkan alas daun pisang sebelum menyajikannya. Alas daun pisang ini juga bukan daun pisang sembarangan, namun dibutuhkan alas dari daun pisang kluthuk. Dipilih dari daun pisang kluthuk karena daun pisang ini memberikan aroma yang harum dan segar, sehingga mampu menambah kenikmatan dalam menyantap nasi gandul ini.

Jika kita sangat ingin menikmati nasi gandul, namun kita sangat sulit mendapatkannya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Dan perlu anda ketahui, membuat nasi gandul ternyata tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Yang perlu kita lakukan hanyalah mendapatkan bumbu yang tepat sehingga rasa yang dihasilkan akan menjadi sangat istimewa. Selain itu, membuat nasi gandul sendiri di rumah juga lebih sehat dan higienis.

Resep Nasi Gandul

Bahan utama yang dibutuhkan :

500 gr daging sapi yang dibersihkan dan dipotong dadu atau kecil-kecil.
1500 ml  santan encer.
1 batang serai yang dimemarkan.
2 lembar daun salam.
2 cm lengkuas yang dimemarkan.
Minyak goreng secukupnya.

Bumbu halus yang dibutuhkan :
Bawang merah 4 siung.
Bawang putih 4 siung.
Cabai merah keriting 3 buah.
kemiri yang disangrai 3butir.
ketumbar yang disangrai ½ sendok makan.
Merica halus ½ sendok teh.
Jintan 1 Sendok teh.
1 Cm kencur.
1 Cm jahe.
Terasi bakar 1Sendok teh.
Garam secukupnya.
½ sendok makan gula merah yang disisir halus.

Cara Memasak Nasi Gandul Daerah Pati :

  • Panaskan minyak goreng di atas wajan, dan setelah minyak cukup panas, masukkan bumbu halus dan  tumis hingga harum. Tambahkan batang serai, lengkuas dan daun salam kedalamnya dan terus diaduk hingga berbau harum.
  • Setelah bau tumisan menjadi harum, masukkan santan encer dan tambahkan potongan daging yang sudah dibersihkan tadi. Masak hingga santan mendidih dan daging menjadi empuk.
  • Setelah daging menjadi empuk, maka masakan sudah matang. Lanjutkan dengan menyajikan nasi gandul dengan mengalasi piring sajinya menggunakan daun pisang, agar semakin menambah kenikmatan masakan anda. Santap sajian nasi gandul selagi masih panas.

Nah itulah Resep Cara Membuat Nasi Gandul Khas Pati yang bisa kami share kepada artikel resep masakan tradisional indonesia kali ini. Jika anda suka dengan resep nasi gandul tersebut dan berniat ingin tahu juga resep masakan tradisional indonesia lainnya yang tak kalah nikmat dan lezat, anda bisa mencoba mengklik salah satu artikel resep masakan tradisional berikut : Resep Cara Membuat Asam Asam Ikan Gabus dan Resep Cara Membuat Ikan Bawal Balado

Resep yang Dicari:

cara membuat nasi gandul dalam bahasa jawa,  masakan pati,  resep makanan tradhisional khas pati,  resep masakan pati indonesia,  
Resep Cara Membuat Nasi Gandul Daerah Pati, Jawa Tengah | Elvyra | 4.5